Cara Mendapatkan Domain Dan Hosting Gratis


SEBELUMNYA sudah banyak penyedia domain (sub-domain tepatnya) gratis yang lebih populer, seperti co.cc, co.tv, dot tk dll. Beda dengan domain-domain tersebut. Penyedia gratisan yang satu ini, selain mendapat domain gratis, anda juga bisa langsung meng-hosting nya disana secara gratis. Tanpa syarat apapun.

Yang menarik, mereka menawarkan nama domain yang lumayan cantik, yaitu com.nu.  Mirip dengan domain TLD (Top Level Domain). Bandingkan dengan com.my TLD resmi malaysia atau com.au milik Australia.

Kelebihan lainnya, tidak ada syarat khusus untuk mendapatkan dan menggunakannya. Bahkan kita diberi space hingga 100 domain dan 10GB penyimpanan data hosting. Lebih dari cukup menurut saya.

Selain kelebihan tentu ada kekurangannya. Seperti munculnya popup iklan pada website kita. Tidak terlalu mengganggu sih, mengingat hampir semua pengguna internet sudah menggunakan AdBlock utk memblokir tampilan iklan.

Com.nu juga tidak menyediakan custom DNS dan tidak support cpanel. Jadi kita harus menginstal Web Engine nya (Wordpress-Jomla-OpenCart- dll) secara manual. Baca pembahasannya di SINI.
 
Cara Mendapatkan Domain Hosting Gratis:

1. Daftar dulu di www.com.nu, isi dengan benar.
2. Jika diminta konfirmasi email, buka email anda dan klik link yg diberikan.
3. Setelah login, lihat bilah kiri, klik New Project.


4. Selanjutnya pilih Webspace Create.


5. Isi nama dan deskripsi proyek baru Anda (bebas). Centang beberapa kategori (max 5 kategori). Klik NEXT.


6. Selanjutnya isi domain yang diinginkan. Sesuai ketersediaan. Klik Next.


7. Dan proyek baru anda pun berhasil dibuat, nama proyek anda akan muncul dalam daftar. Jika tidak muncul, refresh browser anda. Kemudian klik link proyek anda atau klik tanda pensil.



8. Scrool ke bawah, lihat form Webspace. Pilih tab MySQL, lalu klik Enable MySQL.


9. Lihat lagi form Webspace. Disini ada 2 tab yang sangat penting yaitu FTP dan MySQL.
Catat data yang diberikan, baik FTP maupun MySQL.


Data-data tersebut nantinya akan digunakan untuk mengakses dan mengaktifkan web baru anda.

10. Sampai disini anda sudah mempunyai Web sendiri dengan Domain dan Hosting gratis. Namun belum bisa diakses dan digunakan. Agar bisa diakses anda harus mengupload Web Engine semacam WordPress, Jomla, OpenCart dll.

Selanjutnya silahkan baca:
CARA MENGINSTALL WORDPRESS MANUAL DI HOSTING GRATIS
 

comments

TOP