Otobiografi WS Rendra Si Burung Merak

http://www.blog.kedaigadogado.com/2014/10/otobiografi-ws-rendra-si-burung-merak.html

WS Rendra adalah seorang maestro sastra di negeri ini. Karyanya banyak mempegaruhi perkembangan dunia sastra Indonesia. Terutama dibidang puisi, sejak WS Rendra menampilkan karyanya diatas panggung dengan apik. Dunia puisi makin berkembang dan "mendadak" kalangan muda "tergila-gila" dengan puisi.

WS Rendra wafat pada Kamis, 6 Agustus 2009, pukul 22.30 karena sakit.
Bagaimana sosok WS Rendra sebenarnya? Berikut sedikit perjalanan hidupnya.

Willibrordus Surendra Broto Rendra lahir di Solo, Jawa Tengah, 07 November 1935. Ia adalah penyair ternama yang kerap dijuluki sebagai "Si Burung Merak".

Julukan "Si Burung Merak" ini berawal saat sahabatnya, orang Australia diajak ke kebun binatang dan melihat ekor burung merak yg mengembang dengan indah. Sahabatnya bertanya kenapa diajak melihat burung merak. WS Rendra menjawab karena dia (burung merak) adalah aku. Sejak saat itu (tahun 1968) sahabat dan media cetak menjulukinya "Si Burung Merak".

Ia mendirikan Bengkel Teater di Yogyakarta pada tahun 1967 dan juga Bengkel Teater Rendra di Depok. Semenjak masa kuliah beliau sudah aktif menulis cerpen dan esai di berbagai majalah.

Masa Kecil

WS Rendra adalah anak dari pasangan R. Cyprianus Sugeng Brotoatmodjo dan Raden Ayu Catharina Ismadillah. Ayahnya adalah seorang guru Bahasa Indonesia dan Bahasa Jawa pada sekolah Katolik, Solo, di samping sebagai dramawan tradisional.
Sedangkan ibunya adalah penari serimpi di Keraton Surakarta. Masa kecil hingga remaja WS Rendra dihabiskannya di kota kelahirannya.

Pendidikan

- TK Marsudirini, Yayasan Kanisius.
- SD s/d SMU Katolik, St. Yosef, Solo – Tamat pada tahun 1955.
- Jurusan Sastra Inggris, Fakultas Sastra dan Kebudayaan, Universitas Gajah Mada, Yogyakarta – Tidak tamat.
- Mendapat beasiswa American Academy of Dramatical Art (1964 – 1967).

Sebagai sastrawan

Bakat sastra WS Rendra sudah mulai terlihat ketika ia duduk di bangku SMP. Saat itu ia sudah mulai menunjukkan kemampuannya dengan menulis puisi, cerita pendek, dan drama untuk berbagai kegiatan sekolahnya. Bukan hanya menulis, ternyata ia juga piawai di atas panggung. Ia mementaskan beberapa dramanya, dan terutama tampil sebagai pembaca puisi yang sangat berbakat.

Ia petama kali mempublikasikan puisinya di media massa pada tahun 1952 melalui majalah Siasat. Setelah itu, puisi-puisinya pun lancar mengalir menghiasi berbagai majalah pada saat itu, seperti Kisah, Seni, Basis, Konfrontasi, dan Siasat Baru. Hal itu terus berlanjut seperti terlihat dalam majalah-majalah pada dekade selanjutnya, terutama majalah tahun 1960-an dan tahun 1970-an.


Kaki Palsu adalah drama pertamanya, dipentaskan ketika ia di SMP, dan Orang-orang di Tikungan Jalan adalah drama pertamanya yang mendapat penghargaan dan hadiah pertama dari Kantor Wilayah Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Yogyakarta.

Pada saat itu ia sudah duduk di SMA. Penghargaan itu membuatnya sangat bergairah untuk berkarya. Prof. A. Teeuw, di dalam bukunya Sastra Indonesia Modern II (1989), berpendapat bahwa dalam sejarah kesusastraan Indonesia modern WS Rendra tidak termasuk ke dalam salah satu angkatan atau kelompok seperti Angkatan ‘45, Angkatan 60-an, atau Angkatan 70-an. Dari karya-karyanya terlihat bahwa ia mempunyai kepribadian dan kebebasan sendiri.

Karya-karya WS Rendra tidak hanya terkenal di dalam negeri, tetapi juga di luar negeri. Banyak karyanya yang sudah diterjemahkan ke dalam bahasa asing, di antaranya bahasa Inggris, Belanda, Jerman, Jepang dan India.

Ia juga aktif mengikuti festival-festival di luar negeri, di antaranya The Rotterdam International Poetry Festival (1971 dan 1979), The Valmiki International Poetry Festival, New Delhi (1985), Berliner Horizonte Festival, Berlin (1985), The First New York Festival Of the Arts (1988), Spoleto Festival, Melbourne, Vagarth World Poetry Festival, Bhopal (1989), World Poetry Festival, Kuala Lumpur (1992), dan Tokyo Festival (1995).
Bengkel Teater

Pada tahun 1961, sepulang dari Amerika Serikat, WS Rendra mendirikan grup teater di Yogyakarta. Akan tetapi, grup itu terhenti karena ia pergi lagi ke Amerika Serikat. Ketika kembali lagi ke Indonesia (1968), ia membentuk kembali grup teater yang bernama Bengkel Teater.

Bengkel Teater ini sangat terkenal di Indonesia dan memberi suasana baru dalam kehidupan teater di Tanah Air. Sampai sekarang Bengkel Teater masih berdiri dan menjadi basis bagi kegiatan keseniannya.

Penelitian tentang karya WS Rendra

Profesor Harry Aveling, seorang pakar sastra dari Australia yang besar perhatiannya terhadap kesusastraan Indonesia, telah membicarakan dan menerjemahkan beberapa bagian puisi Rendra dalam tulisannya yang berjudul A Thematic History of Indonesian Poetry: 1920 to 1974.

Karya WS Rendra juga dibicarakan oleh seorang pakar sastra dari Jerman bernama Profesor Rainer Carle dalam bentuk disertasi yang berjudul Rendras Gedichtsammlungen (1957—1972): Ein Beitrag Zur Kenntnis der Zeitgenossichen Indonesischen Literatur. Verlag von Dietrich Reimer in Berlin: Hamburg 1977.

Penghargaan

- Hadiah Pertama Sayembara Penulisan Drama dari Bagian Kesenian Departemen Pendidikan dan Kebudayaan , Yogyakarta (1954)
- Hadiah Sastra Nasional BMKN (1956)
- Anugerah Seni dari Pemerintah Republik Indonesia (1970)
- Hadiah Akademi Jakarta (1975)
- Hadiah Yayasan Buku Utama, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan (1976)
- Penghargaan Adam Malik (1989)
- The S.E.A. Write Award (1996)
- Penghargaan Achmad Bakri (2006).


Beberapa karya

Drama:

- Orang-orang di Tikungan Jalan (1954)
- Bip Bop Rambaterata (Teater Mini Kata)
- SEKDA (1977)
- Selamatan Anak Cucu Sulaiman (dimainkan 2 kali)
- Mastodon dan Burung Kondor (1972)
- Hamlet (terjemahan dari karya William Shakespeare, dengan judul yang sama)- dimainkan dua kali
- Macbeth (terjemahan dari karya William Shakespeare, dengan judul yang sama)
- Oedipus Sang Raja (terjemahan dari karya Sophokles, aslinya berjudul “Oedipus Rex”)
- Lisistrata (terjemahan)
- Odipus di Kolonus (Odipus Mangkat) (terjemahan dari karya Sophokles,
- Antigone (terjemahan dari karya Sophokles,
- Kasidah Barzanji (dimainkan dua kali)
- Perang Troya Tidak Akan Meletus (terjemahan dari karya Jean Giraudoux asli dalam bahasa Prancis: “La Guerre de Troie n’aura pas lieu”)
- Panembahan Reso (1986)
- Kisah Perjuangan Suku Naga (dimainkan 2 kali)


Sajak/Puisi:

- Balada Orang-Orang Tercinta (Kumpulan sajak)
- Bersatulah Pelacur-Pelacur Kota Jakarta
- Blues untuk Bonnie
- Empat Kumpulan Sajak
- Jangan Takut Ibu
- Mencari Bapak
- Nyanyian Angsa
- Pamphleten van een Dichter
- Perjuangan Suku Naga
- Pesan Pencopet kepada Pacarnya
- Potret Pembangunan Dalam Puisi
- Rendra: Ballads and Blues Poem (terjemahan)
- Rick dari Corona
- Rumpun Alang-alang
- Sajak Potret Keluarga
- Sajak Rajawali
- Sajak Seonggok Jagung
- Sajak Seorang Tua tentang Bandung Lautan Api
- State of Emergency
- Surat Cinta


Selamat Jalan “Burung Merak”

comments

TOP