Pohon Keramat Unik Dengan Ribuan Koin

Pohon unik penuh dengan koin ini banyak ditemukan di desa wisata bergaya Italia. Tepatnya desa Portmeirion, Gwynedd, North Wales, Inggris.

pohon-howthorn

Konon pohon-pohon koin ini sudah ada sejak lama. Koin paling lama yang berhasil diidentifikasi berasal dari tahun 1700-an. Sebagian koin bahkan sudah tidak bisa dikenali karena terkikis. Diperkirakan usianya lebih lama lagi.

pohon-duit

Berawal dari budaya Celtic yang sejak lama berkembang diwilayah tersebut, mempercayai bahwa pohon Howthorn adalah pohon keramat. Pohon yang disukai para Roh dan Peri. Ritual mempersembahkan uang koin pada Spirit atau Peri dengan cara membenamkannya dalam pohon Howthorn. Dipercaya membuat penyakit dan kesusahan akan hilang ikut menempel pada pohon keramat ini. Dan pelaku ritual akan sembuh atau tercapai harapannya.

pohon-ajaib

Pohon yang dijadikan tempat membenamkan koin haruslah pohon mati atau tumbang. Jika melakukannya pada pohon hidup maka sebaliknya justru kutukan diterima.

Getah pohon Howthorn mempunyai aroma yang mirip dengan daging busuk. Mungkin hal ini yang membuat penduduk celtic menghubungkannya dengan penyakit dan hal mistis.

pohon-koin

Ritual menempelkan koin pada pohon Howthorn masih dilakukan hingga saat ini, meski dilakukan dengan sembunyi-sembunyi. setidaknya begitulah menurut staff wisata Gwynedd.

Beberapa waktu lalu ada pohon Howthorn harus ditebang untuk memperluas jalan menuju pemukiman dan hanya dalam beberapa bulan batang pohon bekas tebangan tersebut sudah tertanam beberapa ratus koin.

pohon-uang

Apakah beberapa orang modern masih percaya mitos ini, atau mereka hanya melakukannya untuk kesenangan? hingga kini belum diketahui dengan pasti. Terlepas dari semua itu, kebiasaan aneh ini telah melahirkan obyek wisata unik yang banyak dikunjungi wisatawan di Wales Inggris.


1 comments:

Add Comment

TOP