Apa Itu Demam Panggung Penyebab Dan Cara Mengatasinya

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, Demam panggung adalah perasaan tidak tenang (gugup) pada waktu berada di atas panggung (pentas). Atau kalau diartikan lebih luas lagi, yaitu timbulnya rasa gugup atau takut saat berhadapan dengan beberapa atau banyak orang.

demam panggung

Hampir semua orang pernah mengalaminya, baik artis terkenal, pejabat publik bahkan seorang orator sekalipun. Perbedaannya, mereka 'terbiasa' dan mampu mengatasi 'gugup' dengan cepat.

Penyebab Demam Panggung:

1. Telalu Banyak Pertimbangan dan Pikiran
Bagaimana cara tampil bagus? Saya bisa tampil baik tidak ya? Apa yang harus saya lakukan biar sempurna? - pikiran-pikiran seperti ini kerap kali justru menjadikan mental drop.

2. Kurang Percaya Diri
Menganganggap rendah pada diri sendiri. Padahal semua orang sama. Sama-sama punya kelebihan dan kekurangan.

3. Tidak Terbiasa
Namanya juga belum terbiasa, was-was dan takut akan menghinggapi perasaan seseorang dalam menghadapi suatu keadaan tertentu. Seiring waktu hal ini akan hilang dengan sendirinya jika sudah terbiasa.


Ciri-Ciri Demam Panggung:

1. Ciri Fisiologis:
Ditandai dengan perubahan fisik seperti tangan berkeringat, jantung berdebar, ingin buang air terus-menerus, pipi merah dan lain-lain.

2. Ciri Psikologis:
Timbulnya perasaan tidak tenang, cemas dan gelisah, sulit berpikir dan tidak konsentrasi.


Cara Mengatasi Demam Panggung:

Agar tidak mengalami demam panggung lagi, berikut beberapa tips sederhana yang sangat membantu Anda tampil baik di depan umum,

1. Persiapan.
Selain persiapan mental, persiapkan juga materi yang akan disampaikan. Kuasai materi dengan banyak membaca dan mempelajari informasi yang berkaitan.

2. Tenang Dan Biasa Saja.
Belajar tampil apadanya. Jangan terlalu memikirkan pendapat orang lain. Padahal orang lain belum tentu memberi penilaian pada Anda. Cukup katakan pada diri sendiri "saya menyampaikan apa yang harus saya sampaikan dan inilah saya apa adanya".

3. Latihan
Dalam bidang apapun berlatih adalah cara paling efektif menjadi lebih baik. Termasuk untuk mengatasi demam panggung.

Anda bisa berlatih mandiri di depan cermin. Kemudian tampil di depan teman-teman atau keluarga. Manfaatkan juga rapat kecil-kecilan, arisan atau pertemuan lain di lingkungan untuk berlatih, Anda bisa memulai dengan bertanya atau menyampaikan pendapat disana. Terakhir, sesering mungkin bicara di lingkup yang lebih besar lagi.

4. Kontrol Emosi
Kontrol selalu gejolak perasaan dan emosi negatif menjadi positif. Belajar men-stabil-kan emosi sangat banyak manfaatnya. Tidak hanya memupuk ketenangan dan rasa percaya diri tampil di depan umum, namun akan menjadikan Anda pribadi wibawa dan menyenangkan.

Semoga tips sederhana diatas membantu Anda tampil lebih mantap di depan umum.

2 comments

Add Comment
avatar
ADMIN
avatar
ADMIN

Maaf, mungkin perlu ditambahin, yaitu "jangan lupa doa!". Iya gak?! Thanks

Balas

TOP