Benarkah Pria Berprilaku Lebih Baik Setelah Menikah

Pria cenderung berperilaku lebih baik ketika mereka menikah. setidaknya begitulah menurut sebuah laporan studi yang dimuat jurnal Archives of General Psychiatry edisi Desember. Jurnal tersebut memuat salah satu hasil penelitian tim peneliti Michigan State University.

Dalam penelitian yang dipimpin DR. S Alexa Burt ini menemukan sebuah fakta baru bahwa pria menjadi "lebih manis" dalam berprilaku. Baik berprilaku pada dirinya sendiri, keluarga maupun orang lain. Bahkan dalam beberapa kasus hal itu terjadi hanya dalam beberapa mingggu setelah menikah.


Menurut DR Burt banyak orang yang masih lajang berprilaku buruk, seperti anti sosial, jail, suka berbuat kriminal, agresifitas yang berlebihan dan tidak pernah menyesal dengan perbuatan buruknya. Begitu ikatan pernikahan dijalankan prilaku buruk tersebut banyak menurun cukup signifikan.

DR Burt juga mengatakan bahwa saat pria yang sebelumnya bersikap antisosial memutuskan untuk segera menikah, itu saja sudah menunjukkan satu perubahan awal untuk menghilangkan sikap buruknya. Dan setelah menikah, mereka mendapatkan sifat antisosial mereka makin berkurang.

Selanjutnya bisa baca: Cara Mengatasi Demam Panggung

Studi ini sendiri sudah dilakukan selama 12 tahun dan melibatkan 289 pasang kembar laki-laki (578 orang) dengan usia antara 17 sampai 29 tahun. Separuh dari mereka merupakan kembar identik.

Selama studi penelitian ini dilakukan 60 persen dari mereka menunjukkan prilaku buruk saat lajang. Setelah menikah prilaku tersebut makin rendah frekwensi dan kadarnya. Diantara mereka yang kembar identik dimana satu menikah dan satunya tidak, juga ditemukan bahwa yang menikah memiliki prilaku lebih baik.

Baca juga: Kenapa Pria Menyukai Pornografi?

Meski masih dalam tahap penelitian dan hasilnya juga belum 100 persen paten, paling tidak pernikahan secara ilmiah terbukti memiliki manfaat.

Jauh sebelum penelitian ini dilakukan, orang tua kita jaman dulu (mungkin sekarang juga masih ada) akan segera menikahkan anak lelakinya yang nakal dengan paksa. Dengan harapan si anak bengal mereka berubah lebih baik prilakunya. Dan banyak terbukti harapan mereka menjadi kenyataan.

1 comments:

Add Comment
avatar
ADMIN

izin copas ya mas... bagus neh
^_^

copas ke
http://penadakwah.multiply.com/

Balas

TOP