Cyberchondria: Penyakit Baru Di Era Internet


Ketika mengalami masalah kesehatan, apakah Anda menjadikan internet sebagai cara mendiagnosis penyakit yang Anda derita?

Misal Anda sakit kepala terus-menerus, bukannya pergi ke dokter, Anda justru membuka internet untuk mendiagnosa masalah kesehatan Anda sendiri.

Fenomena baru ini disebut Cyberchondria, yaitu suatu kondisi mental yang khawatir secara berlebihan terhadap kondisi kesehatan akibat informasi online yang tidak tepat. Atau juga dikenal sebagai Kecemasan Medis.

Sebenarnya informasi kesehatan di Internet sangat bermanfaat, jika dijadikan penambah wawasan bukan sebagai rujukan mendiagnosis gejala penyakit.

Tidak semua informasi di internet akurat. Sedang manusia secara alamiah lebih menyukai informasi yang "WAH". Tak heran jika seseorang menderita sakit kepala, dia akan "tertarik" jika dijelaskan itu adalah gejala tumor otak. Padahal bisa jadi hanya karena dehidrasi.

Bagaimana Cyberchondria menjangkiti Anda?

Cyberchondria paling sering terjadi ketika seseorang mengalami trauma emosional. Misal melihat orang yang dikenalnya meninggal akibat penyakit serius. Mulailah mereka menjelajah dunia maya untuk mendapatkan informasi yang berkaitan dengan "gejala" penyakit yang dirasakannya.

Sayangnya informasi yang ada kebanyakan cuma sepotong-potong dan negatif. Ini akan memicu kecemasan dan khawatir berlebihan. Pada akhirnya dia menjadi seorang Cyberchondriac.

Resiko Cyberchondria

Seorang Cyberchondriac akan selalu merasa mengidap penyakit parah dan tidak pernah sehat, meski dokter yang memeriksanya menyatakan dia sakit ringan atau sehat-sehat saja.

Untuk mengatasi masalahnya, dia akan meminum beberapa Suplemen mahal. Tes medis mahalpun akan jadi pilihan untuk memastikannya, padahal dia sama sekali tidak memerlukan semua itu. Uang dan waktu yang seharusnya untuk kebutuhan lainpun harus dikorbankan.

Hingga suatu saat dia benar-benar menderita sakit seperti yang dicemaskan.

Mengobati Cyberchondria


Jika Anda kurang sehat segera kunjungi dokter. Namun, jika Anda cemas berlebihan, berkonsultasi dengan ahli psikis sangat membantu Anda mengenali dan mengatasi masalah yang Anda miliki. Setiap masalah, apapun itu harus dijawab oleh seorang ahlinya daripada mengandalkan informasi internet yang kadang malah menyesatkan.

Jika tidak segera diobati, Cyberchondria yang semula hanya sebuah cara pandang salah terhadap masalah kesehatan menjadi kelainan psikis dan fisik yang serius.

Pencegahan Cybercondria

Jika Anda ingin menambah informasi kesehatan dari internet. Maka pastikan web tersebut memang kredibel dalam menerbitkan artikel kesehatan. Saring dengan baik informasi yang Anda dapatkan, cross check terlebih dahulu dengan beberapa sumber lain yang terpercaya.

Ingat, segera kunjungi dokter dan pusat layanan kesehatan setempat jika Anda bermasalah dengan kondisi kesehatan.


comments

TOP