Lukisan Termahal Di Dunia Seharga Rp 1 Trilyun

Apa yang ada dibenak kalian jika dikatakan sebuah lukisan seharga Rp1,1 Trilyun?? Pikiran saya sendiri tidak sampai kesana.. uang segitu banyaknya hanya untuk beli lukisan?? Kalau saya punya uangnya mending buat buka perusahaan atau di deposito lumayan cukup untuk 7 turunan.

Tapi berita unik tersebut nyata adanya, sebagaimana di beritakan kantor berita BBC, sebuah lukisan karya pelukis ekspresionis Norwegia Edvard Munch, The Scream, sukses menjadi lukisan termahal yang dilelang di balai lelang Sotheby, New York.

Lukisan pastel buatan 1853 itu pada awalnya ditawar sebesar US$50 juta namun kemudian laku terjual dengan harga US$120 juta atau sekitar Rp1,1 triliun. Sebuah harga yang sangat mahal bagi orang seperti saya yang tidak mengerti seni lukis. Apalagi gambarnya unik seperti coretan anak kecil..he.he..he. Namun bagi pecinta seni lukisan tersebut tentu memiliki nilai yang tak terukur.

Yuk lanjutkan berita uniknya.... oh iya jika ingin melihat lukisannya lebih detail lagi klik saja gambarnya ok..

Lelang lukisan yang menggambarkan jerit ketakutan tentang bencana alam ini sempat diikuti tujuh orang penawar  namun persaingan terakhir hanya tersisa dua peminat yang mengajukan tawaran lewat telepon.

Lukisan ini adalah satu dari empat seri lukisan karya Munch yang masih dimiliki secara pribadi. Tiga versi The Scream lainnya dimiliki sejumlah museum di Norwegia.
Namun Sotheby mengatakan lukisan yang dilelang itu adalah yang paling berwarna di antara keempat lukisan itu.

Puisi

Lukisan ini juga merupakan satu-satunya yang memuat puisi karya Munch yang ditulis di bingkainya.

Puisi itu berisi hal-hal yang menginspirasi Munch saat mengerjakan keempat lukisan The Scream itu.

Isi terjemahan puisinya:
"Saya berjalan menyusuri jalan setapak bersama dua sahabat. Matahari bersinar, tiba-tiba (warna) langit berubah menjadi merah darah. Saya berhenti, kelelahan dan bersandar pada sebuah pagar.
Saya melihat darah dan lidah api di atas fyord biru hitam dan di atas kota."
"Sahabat saya terus berjalan, dan saya berdiri di sana gemetar karena kekhawatiran. Dan saya merasakan sebuah jeritan melewati alam."


Karya Munch ini dijual oleh pebisnis Petter Olsen, yang ayahnya adalah kawan dekat sang pelukis. Awal tahun ini Olsen mengungkapkan keinginan untuk menjual lukisan ternama itu.
"Saya sudah bersama karya ini sepanjang hidup saya. Kekuatan dan energinya terus bertambah seiring berjalannya waktu," kata Olsen.
"Sekarang tiba saatnya untuk menawarkan pada dunia kesempatan untuk memiliki dan menghargai karya luar biasa ini," tambah dia.

Karya Ternama

Dalam kebudayaan populer, The Scream atau "Jeritan" sudah menjadi salah satu karya yang paling ternama.
"Bersama Mona Lisa, lukisan ini adalah yang paling terkenal sepanjang sejarah seni," kata penasihat seni Frahm Ltd, Michael Frahm kepada Associated Press.
Frahm menambahkan lukisan ini sudah digunakan hampir oleh semua orang dari Andy Warhol, Hollywood hingga sebagai hiasan gelas serta kaus.
Dua versi lain The Scream pernah hilang dicuri pada 1994 dan 2004. Namun keduanya berhasil ditemukan.
Sebelumnya, lukisan termahal yang dilelang Sotheby adalah lukisan karya Picasso Nude, Green Leaves and Bust yang pada2006 terjual dengan harga US$106 juta.

Lukisan-lukisan termahal lainnya:

    The Card Players karya Paul Cezanne terjual US$250 juta ke Qatar
    No 5, 1948, karya Jackson Pollock terjual US$140 juta
    Woman III, karya Willem de Kooning laku US$137,5 juta
    Lukisan wajah Adele Bloch-Bauer I karya Willem de Kooning terjual US$135 juta
    The Scream karya edward Munch terjual US$120M

comments

TOP